Naruto

gambar

Minggu, 17 Juni 2012

Cara Menjadi Pribadi Yang Kreatif

           Dalam Kehidupan sehari-hari kreatif perlu untuk di tumbuhkan, apa lagi dalam dunia kerja yang membutuhkan inofasi setiap saat. Kreatifitas pastilah menjadi senjata utama untuk memenangkan persaingan dalam pekerjaan.
          tetapi sebenarnya apasih kreatif itu…? kreatif adalah kemampuan mencari solusi atau menciptakan ide-ide inovatif untuk menangani masalah.
tepat tidaknya devinisi tersebut setidaknya itulah yang tertulis pada salah satu artikel di harian kompas. tapi apa kreatif itu bisa di pelajari..? karena tidak semua orang merasa atau memiliki yang namanya kreatif, atau kah kreatif itu merupakan angurah dari yang maha kuasa…?
Ternyata pendapat kalau kreatif itu warisan, keturunan atau berkah dari Yang Maha Kuasa itu salah sobat, kreatif bisa kita dapatkan dengan belajar, mengasah diri, dan lain sebagainya.. . atau lebih jelasnya kita bisa menjadi orang keratif dengan melakukan beberapa hal, diantaranya adalah:

1. Melihat Diri


          Seperti yang banyak oramg katakan, tidak ada kata terlambat untuk mencoba, tak terkecuali kreatif. memulai dengan apa yang anda ingin lakukan tanpa mempedulikan pendapat orang lain yang merendahkan merupakan satu langka untuk memunculkan sisi kreatif sobat. semakin sering anda melakukan nya semakin kreatif anda sobat…

2.Observasi

         Lihat sekeliling sobat, apa yang bisa sobat dapatkan dari sekeliling sobat. observasi ini bisa sobat lakukan dengan cara membaca, melihat, bercakap-cakap kengan orang lain atau bahkan merasakan lingkungan di sekitar sobat berada. jika sobat sudah terbiasa mencari informasi baru seperti observasi maka akan sangat membantu sobat untuk mendapatkan ide-ide kreatif baru.

3.Modifikasi

         Ini langka awal yang bisa di lakukan sebelun anda benar-benar menjadi orang kreatif, “Modifikasi” buka menjiplak lo ya… . modifikasi adalah merubah sebahian atau keseluruhan dari suatu karya atau yang lainnya. bedanya dengan menjiplak adalah kalau menjiplak tu tidak ada yang dirubah alias di copy, kalau modifikasi kan ada perubahan walau sedikit, baik bentuk, fungsi atau hanya tool atau komponen yang ada di dalamnya. begitu sobat…

4.Eliminasi

       Yang ini tahap selanjutnya dari modifikasi, tahap yang ini kita sudah pada tahap membuat hasil karya kita lebih baik dari karya orang lain yang sejenis. bagian-bagian yang dirasa tidak diperlukan atau hal-hal yang di rasa bisa merusak kinerja atau lain sebagainya bisa sobat buang untuk mendapatkan originalitas dari sebauh karya yang sobat hasilkan. kalau sudah masuk eliminasi pastikan produk yang sobat ciptakan sudah tidak sama lagi dengan produk orang lain, sukur-sukur kalau sobat bisa menabahkan hal baru yang tidak ada pada orang lain sehingga bisa menjadi ciri dari karya yang sobat hasilkan..

itu tadi sekilas tentang bagaimana menjadi orang yang kreatif, tidak sulitkan sobat. hanya cukup dengan sedikit keberanian untuk mencoba dan mengamati sekeliling serta mulai memodivikasi yang sudah ada dan lain sebagainya. jangan tunda-tunda lagi sobat, lakukan sekarang juga dan sobat akan menjadi orang kreatif sekarang juga…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar